Pengertian Mustahiq Zakat Fitrah dan Mal


Mustahiq zakat merupakan orang-orang yang berhak untuk menerima zakat. Mustahiq atau mustahik berasa dari kata haqqo atau hak, yang berarti orang-orang yang berhak atau menuntut haknya. Maksud dari menuntut haknya ialah mereka (para mustahiq) berhak untuk menerima zakat. Zakat yang dimaksud disini ada dua macam, yaitu zakat fitrah dan zakat mal.

Mustahiq zakat fitrah berarti orang-orang yang berhak untuk menerima zakat fitrah atau nafs berupa bahan makanan pokok, entah berupa beras, jagung, atau gandum sebesar 3.1 Liter atau uang yang senilai dengan bahan makanan pokok tersebut. Adapun jumlah uang yang dikeluarkan untuk zakat fitrah (pengganti bahan makanan pokok) sama besarnya dengan harga bahan makanan pokok tersebut di daerah masing-masing.

Sedangkan mustahiq zakat mal yaitu orang-orang yang berhak untuk menerima zakat mal atau harta berupa emas, perak, hasil tambang, binatang, tumbuh-tumbuhan, dan barang perniagaan. Nisab zakatnya pun bermacam-macam, misalnya emas mencapai nisabnya pada 93,4 gram dengan kadar zakat 2.5%, hasil pertanian dengan nisab 750 kg dengan kadar 10% tanpa ada biaya irigasi atau 5% dengan biaya irigasi. Berikut kadar persentase lengkapnya:

8 Golongan Orang yang Berhak Menerima Zakat



Sesuai yang tercantum di dalam Q.S. at-Taubah ayat 60, sebutkan ada 8 golongan atau orang-orang yang berhak untuk menerima zakat fitrah maupun mal. Adapun listnya sebagai berikut.

  • Fakir
    - Adalah orang yang tidak memiliki harta dan pekerjaan (tunakarya)
  • Miskin
    - Adalah orang yang memiliki pekerjaan tetapi hasil dari pekerjaan tersebut tidak mencukupi untuk kehidupan sehari-harinya
  • Amil
    - Adalah orang atau panitia yang menerima serta membagi-bagikan zakat kepada mustahiq lain
  • Muallaf
    - Adalah orang yang baru masuk Islam karena imannya belum teguh
  • Riqab
    - Adalah budak yang ingin memerdekakan diri sendiri dengan membayar uang tebusan
  • Garim
    - Adalah orang yang hutangnya menumpuk / banyak hutang, baik hutang untuk diri sendiri maupun untuk menjamin hutang orang lain
  • Sabilillah
    - Adalah perjuangan untuk kepentingan agama, seperti syiar agama, pembangunan masjid, dan lain-lain
  • Ibnu Sabil
    - Adalah musafir atau orang yang dalam perjalanan jauh yang sudah kehabisan bekal

Orang yang Tidak Berhak Menerima Zakat / Bukan Mustahiq



  • Orang kaya atau berkelebihan
    - Orang kaya yang dimaksud disini bukan hanya sekedar kaya akan harta, melainkan juga memiliki tenaga yang kuat untuk mencari nafkah
  • Hamba sahaya
    - Hamba sahaya masih mendapat tanggungan dari tuannya
  • Keturunan Rasulullah
    - Menurut hadits yang diriwayatkan oleh Muslim, Rasulullah pernah bersabda bahwa tidak halal bagi para ahlul bait atau keturunan Rasulullah untuk menerima zakat
  • Orang yang ada dalam tanggungan zakat
    - Contohnya seperti istri dan anak
  • Orang kafir

0 komentar untuk Pengertian Mustahiq Zakat Fitrah & Mal Lengkap Beserta Penjelasan

Saya tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan dari jawaban. Saya sudah berusaha semaksimal mungkin untuk mencari yang benar.

Oleh karenanya, bila ada kesalahan dalam jawaban atau bingung, anda sangat saya perkenankan untuk berkomentar disini. Terima kasih.