Tri atau Tiga Tuntutan Rakyat atau sering disingkat dengan sebutan Trituran merupakan sebuah permintaan atau tuntutan kepada pemerintah oleh para mahasiswa yang tergabung dalam KAMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia) serta didukung penuh oleh Angakatan Bersenjata Republik Indonesia atau biasa disingkat ABRI (sekarang TNI).

Isi Tritura


  1. Pembubaran Partai Komunis Indonesia / PKI beserta ormas-ormasnya
  2. Perombakan kabinet dwikora
  3. Turunkan harga pangan

Tujuan, Sejarah, dan Latar Belakang Tritura


Sekitar tahun 1966 lalu, keadaan bangsa Indonesia semakin memburuk dari segi manapun, terlebih pada segi ekonomi dan politik. Di segi ekonomi, harga-harga pangan dan sembako serta BBM kian meroket, sehingga membuat rakyat kecil menjadi semakin sengsara. Sedangkan dalam segi politik, terdapat banyak sekali ormas-ormas dari PKI yang terus bermunculan dan semakin berkembang. Oleh karenanya, masyarakat Indonesia mengambil tindakan untuk melakukan demonstrasi menuntut pembubaran PKI beserta ormasnya, perombakan para kabinet agar politik serta ekonomi membaik, serta penurunan harga pangan dan BBM.

Ditengah panas-panasnya demonstrasi ini, pada tanggal 12 Januari 1966 dua buah kelompok yang bernama Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia (KAMI) dan Kesatuan Aksi Pemuda Pelajar Indonesia (KAPPI) yang tergabung dalam Front Pancasila datang ke gedung DPR untuk menuntut Tritura.

Demonstrasi demi demonstrasi yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia akhirnya membuat munculnya Supersemar atau Surat Perintah Sebelas Maret oleh Presiden kala itu Ir. Soekarno. Tujuan dikeluarkannya perintah Supersemar ini guna mengembalikan keadaan negara yang saat itu sedang buruk agar menjadi aman dan tertib kembali.

Pertanyaan Mirip:

Pilih sistem komentar

Jadilah komentator pertama!

Mohon bila ada yang ingin ditanyakan atau terdapat kesalahan jawaban segera beritahu kepada saya agar cepat diperbaiki melalui kolom komentar yang tersedia di bawah ini